Tim Netralitas ASN Kota Tual Kerja Maksimal, Situasi Kamtibmas Kondusif

Img 20241014 wa00032

Tual News- Tim Netralitas ASN yang dibentuk  Penjabat Wali Kota Tual, Affandy Hassanusi sudah bekerjmaksimal dalam menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak di KotaTual, Provinsi Maluku 27 November 2024.

Demikian Rilis Pers Pemkot Tual melalui Kepala Bagian Protokoler dan
Komunikasi Pimpinan, Moksen Ohoiyuf, S.STP, yang diterima tualnews.com, Sabtu ( 19 / 10 / 2024 ).

Ohoiyuf mengakui beberapa tindakan tegas telah dilakukan Pemkot Tual dalam penegakan netralitas ASN, seperti pemanggilan dan pemeriksaan terhadap oknum  ASN yang diduga terlibat aktif dalam kegiatan kampanye paslon Pilkada.

” Pemanggilan dan pemeriksaan
dilakukan Tim Netralitas ASN berdasarkan laporan  masyarakat berupa alat bukti gambar dan video oknum ASN dan aparatur yang diangkat dengan SK Kepala Daerah, terlibat secara aktif dalam aktivitas kampanye pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota, periode 2024-2029, ”  Ungkapnya

Terkait adanya dugaan keterlibatan oknum yang belum diproses, dirinya minta  masyarakat dapat melaporkan kepada tim netralitas ASN Pemkot Tual dengan melampirkan bukti – bukti
kuat.

Ohoiuf mengatakan, Pj. Wali Kota Tual pada setiap kesempatan menghimbau masyarakat  ikut serta  berpartisipasi menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas)  kondusif menjelang pelaksanaan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI serta ikut
menyukseskan pelaksanaan Pilkada serentak November mendatang.

” Masyarakat dihimbau  tidak mudah terprovokasi informasi tidak benar,  selalu mengecek dan mengkonfirmasi kebenaran informasi sebelum disebarkan, ” pintanya.

Terkait pergantian pejabat / ASN yang baru dilakukan, kata Ohoiyuf telah didasaripertimbangan teknis,  hal itu dilakukan semata-mata untuk memastikan kelancaran pelayanan publik dari tingkat Finua / Ohoi dan persiapan menghadapi Pilkada.

Diakui, Pj. Wali Kota Tual  mengajak masyarakat untuk lebih kritis dan cermat
menyikapi aksi unjuk rasa yang terjadi menjelang Pilkada Kota Tual.

” Masyarakat perlu memastikan kalau aksi tersebut benar-benar murni dari masyarakat, mewakili seluruh lapisan masyarakat dan tidak ada kepentingan politik  terselubung dibalik itu, ” Jelasnya.

Ohoiyuf menegaskan setiap keputusan yang diambil Pj. Wali Kota Tual
berdasarkan pertimbangan matang,  demi kepentingan dan kesejahteraan  masyarakat di Kota Tual.