Operasi Zebra Salawaku Polres Tual 2024  Tindak 125 Pelanggar Lalu Lintas 

Img 20241021 wa00571

Tual News – Pelaksanaan Operasi Zebra Salawaku Polres Tual 2024  yang digelar sudah delapan hari hingga Senin (21/10/2024) telah berhasil  menekan angka kecelakaan lalu lintas dan melakukan penindakan terhadap 125 pelangar lalul lintas, didominasi  pengendara sepeda motor.

Kapolres Tual AKBP Adrian S.Y Tuuk S.I.K melalui Kasatlantas Polresta Tual, IPTU Raymond Daniel Titaheluw, S.Tr.K., S.I.K., M.M, dalam Rilis Pers kepada media ini, senin ( 21 / 10 / 2024 )  membenarkan hal itu.

” Kami mengerahkan personel gabungan untuk terlibat dalam Operasi Zebra 2024, diantarnya seluruh personil Satlantas, jajaran POM TNI AD, AU, AL,  Provos dam  Brimob,” ungkap Kasatlantas Polresta Tual.

Kata Titaheluw, operasi Zebra 2024 selain melalukan penindakan, juga untuk menciptakan suasana keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) yang kondusif menuju pemilu damai kota Tual 2024.

Apalagi saat ini kata Kasat Lantas Polres Tual, sudah memasuki masa kampanye para Calkada Kota Tual 2024.

“ Sasaran utama  operasi zebra 2024 Polres Tual adalah menekan angka kecelakaan lalu lintas, sekaligus pengamanan masa kampanye pilkada  yang harus diantisipasi,” jelas Kasat Lantas.

Dia membeberkan 10 target prioritas Operasi Zebra 2024, yakni berbonceng lebih dari satu orang, melebihi batas kecepatan, pengendara kendaraan bermotor masih dibawah umur, dan pengendara roda dua yang tidak gunakan Helm Standard (SNI).

” Termasuk pengendara roda empat yang tidak menggunakan Safety Belt, pengemudi menggunakan hand phone ( HP )  saat berkendara, pengemudi kendaraan bermotor dalam pengaruh alkohol, melawan arus, dan knalpot tidak sesuai spesifikasi teknis, ” Terangnya.

Kasat Lantas menegaskan, penindakan juga dilakukan terhadap kendaraan bermotor yang menggunakan knalpot brong dengan suara bising, karena pihaknya banyak menerima komplain dari masyarakat yang merasa terganggu bisingnya knalpot.

Dikatakan, Satlantas Polres Tual terus melakukan sosialisasi dan upaya-upaya untuk kedisiplinan berlalu lintas kepada seluruh komponen masyarakat dengan cara himbauan kamseltibcarlantas melalui penyebaran spanduk, himbauan melalui media sosial, media cetak, pembagian stiker, leaflet serta sosialisasi kepada pelajar dan masyarakat lainnya.

” Ini bertujuan untuk mengurangi jumlah korban kecelakaan di jalan raya, ” pungkasnya.

Kasatlantas berharap melalui operasi zebra Salawaku  2024 dapat menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.