Jelang Debat Empat Paslon Calkada Kota Tual, Kesiapan KPU Rampung

Img 20241023 wa0004

Tual News – Jelang debat Calon Walikota -Wakil Walikota Tual periode 2024-2029, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tual mengelar rapat koordinasi bersama semua pihak terkait.

Kadiv ESDM dan Permas KPU Kota Tual, Abdul Hamid Ngilibtubun, mengakui persiapan  menjelang debat Calkada berjalan sesuai jadwal.

“Kita telah menyiapkan semuanya untuk debat paslon pertama, kami  pastikan berjalan  aman dan lancar,” kata Hamid yang dikonfirmasi via telepon selulernya Selasa (22/10/2024).

Img 20241023 wa0003

Dikatakan sesuai agenda KPU, debat kandidat calon walikota dan wakil walikota tual  dilaksanakan kamis 24 Oktober 2024.

“Alhamdulillah,  puji tuhan agenda debat  nantinya dilakasanakan  tanggal 24 Oktober 2024, pukul 20.00 WIT,” ujarnya

Menurut Komisioner KPU Kota Tual ini, kesiapan itu dimulai dari beberapa hari lalu hingga sekarang.

” KPU Kota Tual tetap melakukan pemantauan terhadap gedung LPTQ yang digunakan untuk lokasi debat Calkada, ” Jelasnya.

Hamid mengaku,  kesiapan gedung, tim panelis dan hal-hal lainya sudah dilakukan koordinasi, termasuk kerja sama dengan  RRI Tual sebagai lembaga penyiaran publik yang menyiarkan langsung acara debat dan media online yang  bekerjasama dengan KPU Kota Tual.

Dirannya optimis kegiatan debat paslon  Calkada Kota Tual berjalan lancar, atas dukungan dan partisipasi semua komponen masyarakat.

“Tema maupun sub tema sudah di susun tim perumus sesuai amanat surat keputusan KPU RI tentang pedoman teknis kampanye,  salah satunya  debat kandidat,” Ujarnya.

Hamid  memastikan  H – 1 menjelang debat Calkada kota Tual,  baik gedung dan kesiapan lainnya sudah rampung.

“Insya allah,  kami pastikan H- 1 menjelang debat nanti baik gedung dan kesiapan lain sudah rampung, karena sementara dalam pelaksanaan dekorasi dan kesiapan lain,” Terangnya.

Dia berharap  para paslon dapat mempersiapkan diri untuk mengahadapi acara  debat nanti.

”  Pada debat nanti arah pemikiran maupun penyampaian visi dan misi para calkada tidak melenceng dari tema debat yaitu ” transformasi tata kelola dan pengembangan infrastruktur mewujudkan layanan publik yang inklusif, ” cetusnya.

Dia menjelaskan dari undangan yang telah disediakan untuk para tamu umum,  KPU Kota Tual juga mengkordinasikan untuk setiap paslon hanya dapat membawah 30 orang masuk dalam arena debat di  gedung LPTQ.

Hamid  berharap  semua pihak,  terutama masing-masing pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Tual dapat menjaga Kamtibmas selama berlangsungnya acara  debat Calkada.

“Harapan kami, mari kita semua jaga kamtibmas aman dan kondusif. Khususnya kepada paslon agar selama debat  menghindari penyampaian bersifat saling menyerang di antara para paslon, tetap konsisten sampaikan  visi dan misi serta program kerja lima  tahun kedepan sesuai  tema dan  sub tema yang ditetapkan KPU,” harap Kadiv ESDM dan Permas KPU Kota Tual, Abdul Hamid Ngilibtubun