Aliansi Relawan Prabowo Gibran Kawal dan Pantau Program Asta Cita, Usai Prabowo-Gibran Dilantik

Img 20241022 wa0011

Jakarta – Usai meramaikan pesta dan syukuran Pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka, Minggu (20/10/2024). Aliansi Relawan Prabowo Gibran (ARPG) akan mengawal dan memantau program Asta Cita pemerintahan baru ini.

Syafrudin Budiman SIP Kordinator Nasional Aliansi Relawan Prabowo Gibran (Kornas ARPG) melalui penyataan sikap yang diterima media ini, Selasa (22/10/2024)  menegaskan akan terus terlibat dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran.

Dimana, kata Gus Din,  ARPG sebagai relawan pendukung, akan terus mengawal dan memantau semua program, serta janji-janji kampanye.

“ARPG bukanlah pendukung buta dengan kacamata kuda, tentu sebagai relawan pejuang Prabowo Gibran akan terus mengawal dan mengawasi atau memantau jalannya pemerintah. Kita akan dukung terus program agar berjalan baik dan kalau tidak baik akan kita kritisi dengan cermat,” tegas Gus Din sapaan akrab Ketua Umum Barisan Pembaharuan 08 tersebut.

Menurutnya, kepemimpinan Prabowo Subianto mendapatkan dukungan tambahan sampai 75 persen lebih di parlemen dan mendapatkan legitimasi rakyat yang lebih luas.

” Saat Pilpres 2024 hanya mendapatkan mayoritas 58,58 persen atau 96.214.691 suara dalam sekali putaran, ” Ujarnya.

Kekuatan dan legitimasi ini kata Gus Din, menjadi modal utama Prabowo Subianto untuk melangkah dan mengambil kebijakan-kebijakan strategis ekonomi nasional.

” Prabowo Subainto selaku Presiden RI ke 9 sudah tidak perlu ragu mengambil kebijakan ekonomi nasional yang berpihak pada kepentingan ekonomi nasional, ekonomi rakyat dan kebijakan ekonomi dalam negeri yang mandiri,” Pintah Gus Din.

Kata aktivis 98 asal Surabaya ini, dalam Visi Misi Asta Cita Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024-2029 Prabowo-Gibran bersama Koalisi Indonesia Maju (KIM) memiliki visi dengan penjelasan di setiap katanya.

Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut.

1. Bersama: Prabowo dan Gibran mengajak Putra Putri Terbaik Bangsa dari semua latar belakang yang memiliki kesamaan tekad untuk bekerja sama.

2. Indonesia Maju: Membangun bangsa dengan dasar fondasi kuat yang dibangun oleh kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

3. Menuju: Dengan tujuan yang jelas.

4. Indonesia Emas: Negara yang setara dengan negara maju di tahun 2045 atau lebih cepat.

” Ini yang akan terus kita kawal,” terangnya.

Sementara, paket Prabowo-Gibran yang diusung oleh 9 partai itu memiliki delapan misi utama sebagai yakni:

1. Memperkokoh ideologi Pancasila, demokrasi, dan hak asasi manusia (HAM).

2. Memantapkan sistem pertahanan keamanan negara dan mendorong kemandirian bangsa melalui swasembada pangan, energi, air, ekonomi kreatif, ekonomi hijau, dan ekonomi biru.

3. Meningkatkan lapangan kerja yang berkualitas, mendorong kewirausahaan, mengembangkan industri kreatif, dan melanjutkan pengembangan infrastruktur.

4. Memperkuat pembangunan sumber daya manusia (SDM), sains, teknologi, pendidikan, kesehatan, prestasi olahraga, kesetaraan gender, serta penguatan peran perempuan, pemuda, dan penyandang disabilitas.

5. Melanjutkan hilirisasi dan industrialisasi untuk meningkatkan nilai tambah di dalam negeri.

6. Membangun dari desa dan dari bawah untuk pemerataan ekonomi dan pemberantasan kemiskinan.

7. Memperkuat reformasi politik, hukum, dan birokrasi, serta memperkuat pencegahan dan pemberantasan korupsi dan narkoba.

8. Memperkuat penyelarasan kehidupan yang harmonis dengan lingkungan, alam, dan budaya, serta peningkatan toleransi antar umat beragama untuk mencapai masyarakat yang adil dan makmur.

” Isu Kampanye Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran 2024) Ini yang juga, terus kita kawal dan awasi (red-pantau),” urai Gus Din.

Adapun untuk 8 program percepatan kata Gus Din yaitu, membangun sekolah-sekolah unggul terintegrasi di setiap kabupaten, dan perbaiki sekolah-sekolah yang perlu renovasi,  Cetak dan tingkatkan produktivitas lahan pertanian dengan lumbung pangan desa, daerah dan nasional.

” Melanjutkan program Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, Kartu Sembako, Kartu Prakerja dan Program Keluarga Harapan untuk menghilangkan kemiskinan absolut, ” Jelasnya.

Kemudian, selenggarakan cek kesehatan gratis, berantas penyakit TBC dalam lima tahun dan bangun RS lengkap berkualitas di Kabupaten dan melanjutkan pembangunan infrastruktur desa, BLT dana desa serta menyediakan rumah murah untuk yang membutuhkan.

” Selanjutnya makan siang dan susu gratis di sekolah dan pesantren, serta bantuan gizi untuk anak balita dan ibu hamil,  nendirikan Badan Penerimaan Negara dan Tingkatkan rasio penerimaan negara dari PDB Ke 20% setara tambahan Rp. 1.300 Triliun; dan menaikkan gaji Aparat Negara seperti ASN, Kades, dan perangkat Desa lainnya, ” Ungkapnya.

Diakui, semua janji-janji kampanye Prabowo-Gibran akan dikawal selama lima tahun dan ARPG terusmengawasi / memantau bersama.

” Kami akan kawal terus, jangan sampai janji-janji program tersebut meleset dan mengecewakan rakyat,” ujar Politisi Muda PAN ini.

Berikut kata Gus Din, 17 program jangka panjang yakni :

1.Mencapai swasembada pangan

2. Melanjutkan hilirisasi dan industrialisasi.

3. Rumah murah untuk masyarakat desa.

4. Pemberantasan Narkoba.

5.Pembangunan IKN sebagai pemerataan dan melanjutkan pemerataan ekonomi.

6. penguatan UMKM

7. Reformasi hukum dan birokrasi.

8. Menjamin kelestarian lingkungan hidup.

9. Meningkatkan ekonomi kreatif dan prestasi olahraga.

10. Melestarikan seni budaya.

11  Meningkatkan pelayanan kesehatan dan obat untuk rakyat.

12. Menguatkan pertahanan negara.

13. Berani dan mampu berantas kemiskinan.

14. Menyempurnakan keuangan negara.

15. Memberantas korupsi.

16. Swasembada air.

17. Menjamin ketersediaan pupuk, benih dan pestisida langsung ke petani.

” Semua program ini tercatat di Badan Pemenangan Presiden Prabowo Subianto, 2023 lalu. Kita Relawan ARPG yang tergabung 58 relawan, akan  mendukung 17 program pemerintah berhasil dalam jangka panjang,” pungkas Gus Din.