Pimpin Hari Kesadaran Nasional, Kapolres Tual Beri Penghargaan Personil Berprestasi

Img 20240917 wa00341

Tual News – Dalam rangka memperingati Hari Kesadaran Nasional tahun 2024, Polres Tual menggelar upacara bendera merah putih yang dirangkai pemberian penghargaan kepada Personel Polres Tual yang berprestasi bertempat di Lapangan Apel Polres Tual Selasa, (17/9/2024) pukul 08.00 WIT.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Kapolres Tual AKBP Adrian Soeharto Yonathan Tuuk, S.I.K.,M.H dengan perwira upacara, Kasat Narkoba Polres Tual AKP Richardus Apalu Bana, S.Sos.,S.H.,M dan komandan upacara, Kanit Gakkum Sat Lantas Polres Tual Ipda Roni Ruhulessin.

Para peserta upacara terdiri dari Satu (satu) regu gabungan PJU dan Perwira staf Polres Tual, 1 (satu) peleton Satsamapta Polres Tual, 1 (satu) regu Satpolairud Polres Tual, 1 (satu) regu Satlantas Polres Tual, 1 (satu) peleton gabungan Personil Staf Polres Tual dan Polsek jajaran terdekat, 1 (satu) peleton gabungan Reskrim, Narkoba dan Satintelkam Polres Tual dan 1 (satu) peleton Tim Ghost Patrol Polres Tual.

Kapolres Tual AKBP Adrian S. Y. Tuuk, S.I.K, M.H dalam arahannya mengakui karakteristik wilayah hukum  Polres Tual tentunya berbeda dengan Polres MBD, Polres Aru, Polres Seram, Malteng, ataupun Polres buru.

” Kita Boleh dikatakan adalah wilayah Kota madya, wilayah kota dengan tingkat kesibukan masyarakat yang tinggi,  lebih banyak di perkotaan, ” Ujarnya.

Menuruf Kapolres,  Polres Tual  boleh dikatakan sejajar dengan Polresta Ambon, karena kegiatan masyarakat yang cukup tinggi.

” Kalau, sebelum-sebelumnya sering terjadi konflik, maka kita di  Polres Tual melaksanakan namanya KRYD, yaitu patroli malam sampai  pembentukan tim Goes Patrol yang tadi baru kita berikan penghargaan, ” Ungkapnya.

Kata Tuuk, tujuan melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan ( KYRD) Polres Tual melalui patroli malam dan Goes Patrol adalah untuk  menjaga situasi serta  memelihara  Kamtibmas di Polres Tual untuk tetap aman dan kondusif.

” Kegiatan masyarakat di malam hari  lebih ramai, khususnya Kota Tual terkait miras, narkoba dan perkelahian atau penganiayaan sehinggga pola kegiatan  kita rubah, ” katanya.

Rubah Pola Patroli Bhabinkamtibmas

Kapolres Tual mengakui, kalau sebelumnya seperti biasanya, anggota Polri di Polres Tual melaksanakan tugas pada pagi sampai  sore hari atau jam empat sore,  kemudian istirahat dan akan  melaksanakan tugas berikutnya pada keesokan hari seperti biasa, namun sejak dirinya memimpin Polres Tual merubah pola patroli kegiatan bhabinkamtibmas.

” Untuk di Polres Tual kita rubah, kegiatan pagi maupun dengan malam itu harus sama. Jadi, dibagi kekuatannya. Nanti anggota dibagi dua,  ada yang tugas pagi sampai sore dan ada yang sore atau tugas malam sampai esok pagi, ” Terangnya.

Tuuk menegaskan, tidak semua anggota Polri di Polres Tual pulang rumah, harus ada yang tetap melaksanakan tugas.

” Saya terima kasih kepada rekan-rekan tim dari Goes Patrol yang laksanakan tugas mulai dari malam sampai pagi dan terus bersemangat giat patroli kamtibmas di malam hari, ” Salutnya.

Kapolres Tual berkomitmen,   akan meningkatkan patroli kamtibmas malam hari di Kota Tual.

” Minggu depan saya minta ditingkatkan. Kepada Para Kasat,  para Kapolsek dan Anggota agar patroli malam hari diperbanyak. Nanti diatur, ada regu cadangan, ada dinas, ada cadangan serta ada lepas piket, ” pintanya.

Usai pembacaan UUD 1945, pengucapan Tribrata, Catur Prasetya, mengambil tempat dan laporan dilanjutkan dengan pemberian penghargaan bagi Personel yang berprestasi.