Ohoi Taar dan Ngursoin Punya Hubungan Pertalian Keluarga Sejak Leluhur Kei

Img 20240921 wa0069

Tual News- Calon Wali Kota Tual, Drs Hi. Mohammad Roem Ohoirat ( MRO) mengaku bangga dan terharu, ketika melakukan perjalanan adat Kei di Desa Taar, Kecamatan Dullah Selatan Kota Tual, Sabtu ( 21 /9 / 2024),  sebab memiliki makna sejarah hubungan pertalian kekeluargaan yang sangat erat dan dekat.

Berbicara dihadapan Orang Kay bersama perangkat adat dan warga masyarakat di Ohoi Taar dalam pertemuan silaturahmi bersama, Calon Wali Kota Tual MRO mengenang kembali sejarah panjang perjalanan hubungan kekerabatan antara dirinya bersama Desa Taar.

” Saya tadi ketika disambut dengan upacara adat kei tadi saat memasuki pintu masuk Desa Taar sangat terharu. Saya kecil dan besar di  Ohoi Abean, namun almarhum Tete saya, Abdul Haris Ohoirat, adalah asli Ohoi Ngursoin, selalu cerita dan  ingatkan saya tentang hubungan kekeluargaan ini, ” ungkapnya.

MRO menceritakan kembali  hubungan pertalian antara Ohoi Ngursoin, Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan, Kabupaten Maluku Tenggara dengan Desa Taar, Kecamatan Dullah Selatan Kota Tual.

” Sejarahnya adalah dolo Leluhur dari Ohoi Taar bernama Hon, ketika naik di Ohoi Ngursoin, sudah ada empat Marga disana yakni Ohoirat, Renuur, Ohoiel dan Kilitubun, lalu mereka sambut Hon dari Taar, dengan sumpah adat Kei untuk diangkat sebagai saudara lalu tinggal bersama mereka di Ohoi Ngursoin  ” Ungkapnya.

Menurut Ohoirat, pertalian kekeluargaan antara Hon dari Desa Taar bersama Meel Yamfak di Ohoi Ngursoin, melahirkan yang namanya Ngurso Iru.

” Tidak hanya kami terima Hon disana, kami serahkan kekuasaan adat, agama dan pemerintah kepada anak cucu Hon di Ohoi Ngursoin yang turun ke Marga Lusubun sebagai pemegang kuasa pemerintahan, kemudian Marga Liubun diberikan kuasa di bidang agama, ” Terangnya.

Diakui dirinya sangat terharu ketika melakukan perjalanan adat di Ohoi Taar dan disambut, diterima secara adat Kei.

” Saya waktu mau maju sebagai Balon Wali Kota Tual, datangi Bapak Raja Tual hingga tiga kali untuk tanya fangnanan atau menunjuk siapa putera terbaik Kota Tual yang siap dampingi saya sebagai Balon Wakil Walikota Tual, lalu ada beberapa nama disodorkan, salah satunya  adik saya Amir Fauzan Tamher, ” Tandas Ohoirat.

Ohoirat akui setiap hari melakukan safari dan pertemuan silaturahmi bersama warga masyarakat di lingkungan, RT, kompleks dan Desa di  Kota Tual hingga tiga sampai empat titik, animo masyarakat sangat tinggi dalam  penerimaan paslon RAHMAT.

” Kami sangat yakin atas partisipasi masyarakat yang tinggi pada setiap pertemuan bersama warga, atas niat baik dan tulus untuk membuat perubahan di Kota Tual, paslon RAHMAT optimis sebagai pemenang Pilkada Kota Tual 27 November 2024 mendatang, ” pungkasnya.