Kanim Tual Gelar Pelatihan Bahasa Isyarat Demi  Peningkatan Pelayanan Publik bagi Kelompok Rentan 

Img 20240921 wa0018

Tual News- Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik, khususnya bagi kelompok rentan, Kantor Imigrasi (Kanim) Tual menyelenggarakan pelatihan bahasa isyarat bekerja sama  Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Tual.

Dalam siaran Pers Kantor Imigrasi Kelas II Tual, Sabtu ( 29 / 9 / 2024 ) mengungkapkan kegiatan ini diikuti seluruh pegawai Kanim Tual, baik yang bertugas di pelayanan publik maupun di bagian fasilitatif.

” Kegiatan ini sebagai bentuk komitmen untuk menciptakan layanan yang inklusif, ” Tandas Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Aziz Rahajaan.

Menurut Rahajaan, pelatihan bahasa isyarat ini bertujuan  mempersiapkan seluruh pegawai agar lebih responsif dalam memberikan layanan kepada masyarakat dengan disabilitas, terutama tuna rungu.

Dikatakan, dalam pelatihan ini, para peserta dibimbing oleh instruktur dari SLB Negeri Tual yang berpengalaman dalam bidang pendidikan bagi anak-anak berkebutuhan khusus.

Kepala Kantor Imigrasi Tual, Purbo Satrio, mengatakan pelatihan ini merupakan langkah konkrit Kanim Tual dalam mewujudkan pelayanan yang inklusif dan ramah terhadap semua golongan masyarakat.

“Kami ingin memastikan setiap warga negara, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan fisik atau sensorik, dapat merasakan pelayanan imigrasi yang adil, ramah, dan tidak diskriminatif,” ujar Purbo Satrio.

Kata Purbo, kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Kanim Tual untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya kepada kelompok rentan yang membutuhkan perhatian khusus.

Kanim Tual berharap pelatihan ini dapat memberikan bekal keterampilan kepada seluruh pegawai agar dapat lebih siap melayani semua kalangan masyarakat, tanpa terkecuali dengan fokus pada kemudahan akses dan inklusivitas bagi semua warga negara.