Polres Tual Musnahkan Tiga Ton MIras Sopi Hasil Sitaan

20240822 103633 1 scaled

Tual News- Kapolres Tual, AKBP Adrian S.Y TuuK S.I.K,  Kamis (22 /8/ 2024), Pukul 09.30 WIT, menggelar  silahturahmi dan doa bersama, sekaligus pemusnahan tiga ton minuman keras ( miras ) jenis sopi di halaman Polres Tual.

Hadir dalam kegiatan ini Pj. Walikota Tual. R. Affandy Z. Hasannusi S.STP.,M.Si, Danlanal Tual. Kolonel Laut (P) Hananto Dwi Prasetyo ST.,M.,Tr.,Hanla.,M.M, Pasi Ops Kodim 1503/Tual. Lettu Inf. Nirwan Boyratan,  Kasi Intel Kejari Tual,  Rendra Ataqwa Agusto SH,  Hakim Pengadilan Negeri Tual, Andinarto Siltor, S.H., M.H, bersama para pimpinan partai politik,
tokoh agama, adat, serta masyarakat.

Kapolres Tual dalam amanatnya mengakui miras jenis sopi yang disita dan ditemukan Satresnarkoba Polres Tual di pinggiran pantai terdiri dari puluhan djergen berisi miras jenis sopi sebanyak tiga ton.

” Pemilik barang ini masih didalami penyidik, namun sejak awal melalui langkah preventif, kami sita dan amankan 3 ton miras sopi yang jadi sumber penyakit masyarakat, ” Ungkapnya.

Kata Tuuk, sejak awal memimpin sebagai Kapolres Tual sudah berkomitmen memerangi dan memberantas berbagai penyakit masyarakat, salah satunya miras sopi.

” Sejak saya menjabat Kapolres Tual, menerima laporan dari Wakapolres kalau delapan kejadian yang terjadi di Kota Tual, salah satunya terkait SARA, pemicuh adalah miras sopi, ” Jelasnya.

20240822 102803 scaled

Untuk itu kata Kapolres Tual, dirinya sejak memimpin Polres Tual berkomitmen membasmi berbagai penyakit sosial masyarakat seperti peredaran miras sopi, melalui program giat patroli malam kamtibmas Polres Tual.

” Semua daerah pasti ada miras, contoh di daerah saya dikenal dengan cap tikus. Jujur orang tua saya adalah peminum dan pemabuk,  namun sekarang baru sadar ketika terkena serangan jantung serta ginjal. Sekarang bapak saya baru sadar, ” Ungkapnya.

Diakui, orang tuanya setelah sadar, saat ini sudah tidak lagi mengkonsumsi miras jenis cap tikus dan tidak merokok.

” Saya minta kita semua berperan aktif dan berpartisipasi perangi peredaran miras di Kota Tual yang selalu jadi pemicuh konflik antar masyarakat yang menganggu kamtibmas, ” pintah Kapolres Tual.

Minta Tokoh Agama Himbau Umat Jaga Kamtibmas Jelang Pilkada

Pada kesempatan ini Kapolres Tual juga minta para tokoh agama, baik Imam Masjid, Pastor dan Pendeta selalu memberikan siraman rohani kepada warga jemaat untuk bersama- sama menjaga situasi kamtibmas aman dan kondusif, memasuki tahapan pilkada Kota Tual tahun 2024.

Videocapture 20240822 150804

 

” Kami  minta bantuan dari para tokoh agama untuk bersama-sama kita berikan himbauan kepada jemaat atau jamaahnya,  supaya jangan sampai pesta demokrasi ini di politisir tentang agama, karena ini adalah pesta demokrasi,  siapapun yang terpilih itu adalah pilihan rakyat dan  pilihan kita  semua, ” Terangnya.

Kapolres menegaskan, momentum hari ini menunjukkan kepada kabupaten / kota  lain, kalau  Kota Tual  bisa menyukseskan pilkada  aman, damai, jujur dan adil.

” Termasuk kepada penyelenggara KPU serta Bawaslu kami  berharap  benar – benar melaksanakan tahapan pelaksanaan Pilkada sesuai waktu yang sudah ditentukan,  tentunya dengan jujur dan adil. Ini adalah  harapan  kami dari Forkompinda kepada  KPU beserta Bawaslu, ” Harapnya.

Kapolres Tual mengajak semua komponen masyarakat menjaga dan memelihara Kamtibmas Kota Tual aman dan kondusif.

” Untuk masalah keamanan,  kami  mohon mari kita sama-sama jaga keamanan di masing-masing tempat tinggal. Mari kita laksanakan kegiatan – kegiatan yang sifatnya jangan mengganggu Kamtibmas, contohnya minum minuman keras. Saya minta bantuan  para tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk himbau warga   jangan  lagi konsumsi miras sampai merusak tubuh sendiri bahkan merusak orang lain, ” Ingatnya.

Kapolres Tual juga sangat mengharapkan  kedepannya di Kota Tual,  miras jenis sopi  bisa di jurangi, bila  perlu ditiadakan, sebab   setiap permasalahan yang muncul berawal dari minum minuman keras.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemusnahan tiga ton miras sopi hasil sitaan Polres Tual.