, , , , , , ,

Menteri KKP Siap Canangkan Penangkapan Ikan Terukur di Kota Tual dan Aru

Img 20240601 wa0046

Tual News- Menteri Kelautan dan Perikanan ( KKP) RI, Sakti Wahyu Trenggono, dipastikan akan melaksanakan kunjungan kerja di Kota Tual dan Kabupaten Kepulauan Aru, Minggu – Senin ( 2 – 3 / 6/ 2024).

Berdasarkan Rilis Pers Humas KKP terkait jadwal kunjungan Menteri KKP yang diterima Media Tual News, Sabtu ( 1 / 6 / 2024 ), membenarkan kunjungan kerja Menteri KKP beserta rombongan di Kota Tual, Minggu ( 2 / 6 / 2024 ) dalam rangka peresmian percontohan ( modeling ) kerja sama bisnis hulu – hilir perikanan tangkap dan penangkapan ikan terukur di Kota Tual serta Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku.

Sesuai jadwal, kata Humas KKP, Menteri Sakti setelah tiba di Bandara Karel Sadsuitubun Langgur menuju rumah makan forganza,untuk makan siang.

Setelah itu kata dia, Menteri KKP melakukan peninjuan zona 03 monitoring Center, dan kapal IUU FIshing di Kantor PSDKP Tual.

Setelah itu, menurut Humas KKP, Menteri Sakti Wahyu Trenggono menuju Kantor PPN Dumar dalam rangka peninjauan layanan dan aktifitas perikanan di Pelabuhan perikanan serta peninjauan kegiatan pembongkaran ikan dan penimbangan ikan hasil tangkapan dari kapal penangkapan ikan kegiatan modeling.

” Termasuk peninjauan aktifitas layanan pemerintahan dan atau UMKM, ” Terangnya.

Sekitar pukul 16.20 WIT, kata Humas KKP, Menteri KKP menyerahkan dan menandatangani sertifikat basis training fishiers BSTF tingkat II bersama buku pelaut perikanan, kemudian penyerahan bantuan dan perangkat sistem pemantauan kapal perikanan ( SPKP ) serta penyerahan bantuan kegiatan lainya.

Menteri KKP juga akan berkunjung ke PT Samudera Indo Sejahtera ( SIS ) Tual untuk menyaksikan penandatanganan kerja sama logistik perikanan antara PT SIS di Desa Ngadi Kota Tual dan Rukamna Padaya Trans ( HSN Group ).

Termasuk penandatanganan perjanjian kerja Laut antara awak kapal perikanan bersama pemilik kapal perikanan.

” Ada juga penandatanganan kerja sama antara BPPSDM KP bersama koperasi nelayan panguyubun Pati Juwana, ” katanya.

Humas KKP mengakui, senin pagi ( 3 / 6/ 2024 ), Menteri KKP akan menuju Benjina, Kabupaten Kepulauan Aru dalam rangka peninjauan sarana dan prasarana perikanan tangkap di PP Benjina dan pelepasan kapal penangkapan ikan modelling ke daerah penangkapan ikan zona 3.