YKB ke 44 Tahun, Kapolda Minta  Harus Jadi Role Model Bagi Anak Maluku

Img 20240508 wa0020 2 scaled

Ambon, Tual News- Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M. Hum, dalam syukuran peringatan hari ulang tahun ke 44 Yayasan Kemala Bhayangkari (YKB) di Aula Kediaman Dinas Kapolda Maluku, Tantui, Kota Ambon, Selasa (7/5/2024), minta YKB harus menjadi role model bagi anak – anak di Maluku.

“Kita semua harus bisa jadi role model bagi anak anak kita, menjadi contoh dan teladan, menjunjung tinggi nilai kedisiplinan dalam segala hal. Kita semua  tidak ingin generasi penerus bangsa terjerumus dalam arus negatif perkembangan jaman, ” pintanya.

Menurut Kapolda, generasi penerus yang terjerumus arus negatif, akan berdampak pada munculnya perilaku buruk dan merusak masa depan anak – anak.

” Polda Maluku, akan terus berikan support melalui program – program YKB, baik dalam bentuk pendidikan maupun program lainnya agar dapat membantu masyarakat di Maluku.

” Saya  ucapan terima kasih kepada seluruh pengurus dan panitia pelaksana atas terselenggaranya acara syukuran peringatan HUT YKB. Kegiatan ini berjalan  tertib lancar dan hikmat. Dirgahayu Yayasan Kemala Bhayangkari yang ke 44 tahun, semoga makin sukses dan maju bangun Maluku ,” Salut Irjen Latif.

Saat hadiri acara syukuran YKB, Kapolda Maluku serahkan piagam penghargaan kepada pengurus YKB yang telah lama memberikan darma bhakti, mulai dari sekurang  – kurangnya lima tahun, tanpa henti.

Img 20240508 wa0033 scaled

Selain itu, Kapolda juga memberikan penghargaan kepada tenaga pendidik dan karyawan dilingkungan YKB yang telah memberikan darma baktinya selama 17 –  20 tahun tanpa henti.

Untuk diketahui, peringatan HUT YKB ke 44, mengusung tema “ Yayasan Kemala Bhayangkari mendukung pemerintah dalam melanjutkan program prioritas kemendikbudristek menuju generasi emas tahun 2045”,.

Kegiatan itu turut dihadiri Ketua Bhayangkari Daerah Maluku dan pengurus Bhayangkari Daerah Maluku, Pakor Polwan Polda Maluku, Perwakilan ASN Wanita Polda Maluku,  Perwakilan guru sekolah Bhayangkari se-kota Ambon.

YKB Fokus Bidang Sosial dan Pendidikan

Ketua Bhayangkari Daerah Maluku, Ny. Evi Lotharia Latif, S.H, dalam sambutannya mengakui,  malam Bhayangkari sudah melalui sejarah panjang, meskipun secara resmi berdiri  tanggal 5 Mei 1980.

Dia menegaskan, organisasi ini fokus pada bidang sosial dan pendidikan untuk membangun Maluku.

” Demi mewujudkan hal tersebut, pengurus YKB daerah Maluku telah laksanakan sejumlah kegiatan dalam rangkaian peringatan HUT YKB ke-44 tahun, ” lapornya

Berbagai kegiatan yang sudah dilakukan Pimpinan PPYKB, kata Ibu Evi yakni memberikan bantuan pembuatan sumur bor, untuk  penyediaan air bersih kepada masyarakat.

” Sumur bor ini sudah digunakan 250 kepala keluarga ( KK ) di Lorong Tahu, Kecamatan Sirimau kota Ambon. Sumur bor itu telah diresmikan 20 Maret 2024 dan sudah dinikmati masyarakat setempat,” Ungkapnya.

Kata dia, pengurus YKB Maluku juga telah melaksanakan anjangsana ke panti asuhan Santa Maria.

“Kami usulkan tanda penghargaan bagi 10 pengurus dan satu tenaga pendidik yang berasal dari pengurus YKB cabang baru, di mana semuanya mendapat tanda penghargaan dari PPYKB,” Terangnya.

Selain itu, kata Ny. Evi, Pengurus YKB Maluku turut menggelar beberapa lomba untuk anak – anak di Maluku,  di antaranya lomba deklamasi anak, lomba menulis cerita bergambar guru TK, lomba fashion show anak TK.

” Kami juga turut serta laksanakan tadarusan di bulan suci Ramadhan,” Ujarnya.

Tak hanya itu, YKB Maluku laksanakan kegiatan bakti kesehatan yakni pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis,  diikuti oleh 60 peserta.

” Di antaranya, 40 dari Dian Kemala dan Purnawirawan Polri, enam guru-guru TK Kemala Bhayangkari dan Bhayangkari 14 orang disertai pemberian sembako, ” Terangnya.

Ibu Evi menjelaskan, YKB Maluku juga melaksanakan webinar kesehatan dengan tema,  deteksi dini dan pencegahan penyakit THT.

” Selain bakti kesehatan, Pengurus YKB Daerah Maluku juga laksanakan bakti sosial seperti pemberian santunan kepada 20 orang anak yatim dan yatim piatu Polri dan pemberian sembako kepada marbot masjid dan tua agama gereja,” Jelasnya.

Ibu Evi mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Maluku selaku penasehat YKB daerah Maluku beserta seluruh staf dan jajaran, termasuk Pengurus Bhayangkari dan pengurus yayasan Kemala Bhayangkari Daerah Maluku yang juga sebagai panitia penyelenggara HUT ke-44 YKB tahun 2024, bersama para ketua pengurus YKB cabang di daerah Maluku beserta para guru daerah Maluku.

Di tempat yang sama, selaku penasehat YKB Daerah Maluku, Kapolda Maluku mengucapkan selamat ulang tahun kepada seluruh pengurus Yayasan Kemala Bhayangkari.

“Saya berharap para pengurus YKB Maluku terus tunjukkan eksitensinya memajukan keluarga besar Polri dan masyarakat dengan cara meningkatkan mutu dan kualitas generasi muda  di Maluku,” harapnya.

Kapolda juga minta Pengurus YKB Maluku terus memberikan sentuhan positif kepada peserta didik dalam bentuk pendidikan yang sarat akan nilai nilai Kebhayangkaraan.

“Kegiatan ini sebagai sarana silaturahmi diantara sesama pengurus, harus  dijadikan momentum introspeksi serta evaluasi terhadap peran dan kiprah organisasi, agar ke depannya dapat lebih meningkatkan semangat motivasi serta komitmen pengabdian menjadi lebih baik lagi,” pungkasnya.