Perintah Pj Bupati Malra Audit DD Madwaer 2023 Diabaikan, Inspektorat Cari Solusi

Img 20240522 wa0008

Langgur, Tual News – Ternyata instruksi dan perintah Pj. Bupati Malra, Drs. Jasmono M.Si kepada Inspektorat, Dinas PMD dan Camat Kei Kecil Barat ( KKB), Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku untuk melakukan pemeriksaan ( audit ) keuangan dana desa ( DD ) Ohoi Madwaer tahun anggaran 2023, hanya gertak sambal belaka.

Buktinya, sesuai laporan warga Ohoi Madwaer kepada Media Tual News, Selasa ( 21 /5/2024 ), dua petugas Inspektorat Kabupaten Malra yang turun di Ohoi Madwaer, habiskan biaya perjalanan dinas, faktanya tidak menjalankan perintah atasanya, Pj. Bupati Malra, Drs. Jasmono, M.Si.

” Kami warga tegang dengan dua petugas Inspektorat Malra yang diturunkan Pj. Bupati Malra, aneh bukan datang audit periksa dana Desa Madwaer 2023, melainkan buat pendekatan kepada warga untuk bersama sama cari solusi atas pemberitaan media soal dugaan korupsi DD Madwaer tahun anggaran 2023, ini ada apa ?” ungkap warga dalam laporan via telepon seluler.

Bahkan kata warga,  ada oknum petugas Pemkab Malra ini, diduga bekerja sama dengan Camat KKB dan oknum Pejabat, untuk mencari solusi  menyelesaikan hak – hak warga yang dibiayai DD Ohoi Madwaer tahun 2023.

” Kami harap Inspektorat turun periksa keuangan DD Madwaer tahun 2023, bukan petugas pemeriksa Inspektorat turun cari solusi bersama masyarakt. Ingat,  banyak hak – hak kami yang dibiayai DD Madwaer 2023, seperti BLT dana desa, insentif perangkat, dan PKK belum diterima, ” Sorot warga.

Pj. Bupati Malra, Drs. Jasmono M.Si ketika dikonfirmasi tualnews.com, selasa malam ( 21 /5/2024 ) pukul 22.30 WIT, via telepon selulernya, menegaskan dirinya sudah perintahkan Inspektorat, Dinas PMD dan Camat untuk turun menelusuri DD Madwaer tahun anggaran 2023.

” Nanti kita lihat laporan petugas Inspektorat Kabupaten Malra yang turun di Ohoi Madwaer, kalau kerja tidak sesuai tupoksi, saya evaluasi dan ganti petugas Inspektorat lainnya turun audit keuangan dana desa Madwaer,  ” Ungkap Jasmono.

Menurut Mantan Kepala Inspektorat Provinsi Maluku itu, tupoksi Inspektorat harus dijalankan sesuai amanat UU dan perintah pimpinan.

” Nanti dong buat laporan tertulis kepada saya, Inspektorat bukan hanya dua orang yang turun ke Ohoi Madwaer. Kalau kerja Inspektorat tidak sesuai tupoksi, kita evaluasi dan ganti yang lain, ” Tegas Jasmono.

Pj. Bupati Malra Perintah Inspektorat, PMD dan Camat Periksa DD Ohoi Madwaer

Seperti diberitakan media ini sebelumnya, Penjabat Bupati Maluku Tenggara, Drs. Jasmono M.Si, bergerak cepat menyikapi keluhan dan aspirasi masyarakat di Ohoi Madwaer, Kecamatan Kei Kecil Barat ( KKB ), seperti disuarakan warga dalam pemberitaan Media Tual News.

” Saya sudah perintahkan Inspektorat, Dinas PMD dan Camat segera turun ke Ohoi Madwaer periksa pemanfaatan dana desa ( DD) Ohoi Madwaer tahun anggaran 2023, ” pintah Pj Bupati Malra yang juga Mantan Kepala Inspektorat Provinsi Maluku itu.

Jasmono menegaskan, akan menindaktegas pejabat Kepala Ohoi yang diduga menyalahgunakaan dana Desa tidak sesuai peruntuhkanya kepada masyarakat.

” Saya sudah perintahkan Inspektorat, Camat, dan Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa untuk telusuri dan lakukan pemeriksaan terhadap masalah ini, ” Tegas Pj. Bupati Malra untuk kedua kalinya.