, , ,

Menteri ATR / BPN Tegas Komitmen Indonesia Perkuat Kerja Sama Asarbaijan

Img 20240529 wa0006

Jakarta, Tual News – Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menegaskan komitmen pemerintah Indonesia untuk terus memperkuat kerja sama dengan Azerbaijan.

Hal ini disampaikan Menteri AHY saat memberikan sambutan sebagai Tamu Kehormatan (Guest of Honor) dalam Peringatan Kemerdekaan ke-106 Republik Azerbaijan, di Jakarta pada Senin (27/05/2024).

“Ke depannya, kami berkomitmen untuk lebih perkuat kemitraan kami dan menjajaki jalur kerja sama ekonomi baru yang saling menguntungkan kedua negara,” tegas Menteri AHY.

Dalam pidatonya, Menteri AHY menjelaskan sejarah Indonesia dan Azerbaijan dimulai pada awal abad ke-20 yang ditandai dengan kuatnya rasa solidaritas dan kerja sama serta tujuan bersama untuk mencapai penentuan nasib sendiri dan kedaulatan.

“Hal ini menjadi landasan hubungan bilateral kita, yang telah berkembang selama bertahun-tahun, ditandai dengan kerja sama kuat di berbagai bidang, termasuk perdagangan, investasi, energi, layanan publik, dan pendidikan,” ujarnya.

Menteri AHY mengakui, dalam aspek ekonomi, Azerbaijan telah menjadi pemasok minyak mentah bagi Indonesia hingga mencapai angka US$255,7 juta pada tahun 2023 dengan sektor minyak dan gas menjadi komoditas utama.