, , , ,

Indonesia Indicator : Polri Ikut Andil Sukseskan World Water Forum

Img 20240526 wa0101 scaled

Jakarta, Tual News – Indonesia Indicator menilai Polri turut andil dalam kesuksesan penyelenggaraan World Water Forum (WWF) ke-10.

Selain aspek keamanan, strategi komunikasi Polri dinilai sukses mempromosikan WWF ke masyarakat.

Direktur Komunikasi PT Indonesia Indicator, Rustika Herlambang, mengatakan Polri ikut andil dalam menciptakan sentimen positif dari netizen terhadap event internasional ini.

” Sebab, Polri mampu menciptakan framing hingga mensosialisasikannya ke media massa maupun media sosial dengan baik, ” Salutnya.

Kata Herlambang, Informasi (WWF) tersebut cukup masif, disosialisasikan  Mabes Polri di berbagai platform baik media maupun media sosial dengan narasi dan diksi yang cukup menarik.

” Ini yang mengakibatkan atensi netizen terhadap event WWF menjadi sangat besar dan mendapatkan sentimen positif,” ujarnya saat ditemui, Sabtu (25/5/2024).

Dia mengakui, dirinya melihat  sentimen negatif atau framing atas penyelenggaraan acara itu sangat kecil, karena hampir semuanya diisi oleh berbagai informasi dan hal yang menyenangkan terkait  penyelenggaraan WWF.

Rustika mengatakan strategi komunikasi yang dilakukan Polri terkait WWF telah dipersiapkan jauh hari.

” Persiapan tersebut ditunjukan dari analisis media dan media sosial,” katanya.

Diakui, komunikasi yang dilakukan  Polri salah satunya adalah aspek keamanan, seperti strategi mengelola rekayasa lalu lintas dan pengamanan venue.

Selain itu, kata Rustika, Polri tak luput mempromosikan tradisi kultural yang menjadi salah satu agenda WWF, seperti melukat.

“Kreatif, antisipatif, humanis informatif. Itu saya melihat adalah salah satu strategi komunikasi yang dilakukan  Mabes Polri selama ini dalam pelaksanaan WWF,” Terangnya.

Rustika mengakui,  Polri dalam mempersiapkan pengamanan WWF mampu bersinergi bersama berbagai stakeholder. Bahkan tokoh adat tak luput menjadi bagian dari sinergi Polri.

Karena semua upaya Polri, kata Rustika, masyarakat Bali mulanya siap dengan resiko dari penyelenggaraan WWF, namun terbukti kini WWF berjalan aman.

“Semuanya berlangsung sangat baik dan tersosialisasi dengan sangat humanis. Sehingga masyarakat Bali sudah siap dengan berbagai resiko atau dampak yang terjadi atas event internasional ini,” Jelasnya.

Dirinya mengucapkan selamat untuk Mabes Polri atas penyelenggaraan WWF yang luar biasa kali ini.