Pemdes Ibra Diisukan Tidak Transparan DD, Pemuda Minta Warga Jangan Digiring Opini Provokasi 

Img 20230911 wa0037

Langgur, Tual News – Pemerintah Desa (Pemdes) Ibra, Kecamatan Kei – Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara mendapat sorotan dari pihak yang mengatasnamakan Pemuda Ibra Ifit, soal isu tidak transparan dalam pengelolaan dana desa ( DD ) Ohoi Ibra.

Menanggapi hal ini, Ketua Pemuda Ohoi Ibra, Hidayat Renwarin, dalam Rilis Pers yang diterima tualnews.com, Senin malam ( 11 /9/2023) meminta masyarakat Desa Ibra, khususnya pemuda tidak tergiring opini dan isu provokasi yang dapat memecah belah kerukunan dan ketenteraman masyarakat di Desa Ibra.

” Saya mendukung kritik dan saran terhadap Pemdes Ibra, namun proses penyampaian pendapat, jangan sampai mengganggu stabilitas penyelenggaraan pemerintahan desa, ” Tegas Renwarin.

Menurut Ketua Pemuda Ibra, masyarakat terutama pemuda harus tetap kritis, tetapi jangan menggiring isu dan provokasi, untuk membenturkan kepentingan pihak-pihak yang tidak suka dengan kepemimpinan Kepala Ohoi Ibra.

” Masyarakat, terutama pemuda jangan sampai gagap dengan perubahan. Proses penyelenggaraan Pemdes, bagi saya tidak selamanya dilaksanakan secara fisik di Kantor desa, ” Ujarnya.

Renwarin mengaku, saat ini sudah zaman teknologi digital, sehingga Pemdes harus beradaptasi dengan hal itu.

” Artinya proses komunikasi, sosialisasi, transparansi dan aktivitas penyelenggaraan lainnya di desa sudah sangat memungkinkan dilaksanakan secara digital,” terangnya.

Dia menilai, masyarakat ada baiknya jangan terlalu kaku akan hal tersebut.

“Kalaupun dilaksanakan secara fisik, bisa saja aktivitas rapat dilaksanakan juga di rumah Raja sebagai rumah adat, ” Kata Renwarin.

Ketua Pemuda Ibra, menegaskan, tidak ada tindak lanjut Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Pemerintah Kecamatan Kei Kecil, Inspektorat Kabupaten Maluku Tenggara, maupun Kejaksaan Negeri Tual, atas laporan warga, tentu memiliki alasan kuat.

” Kami meyakini, tidak adanya tindak lanjut dari lembaga maupun instansi yang dihubungi pihak pengadu, mempertegas bahwa mereka memahami betul tidak ada indikasi pelanggaran sebagaimana yang diisukan di masyarakat,” Jelasnya.

Diakui, penyelenggaraan Pemdes harus terus berjalan.

” Saya mendukung, jika pemuda desa terus berkontribusi dan memberi manfaat nyata untuk kepentingan desa, ” Pintanya.

Renwarin berharap potensi pemuda di desa Ibra yakni pikiran segar, analisis,  kritis, fisik kuat, dan semangat yang besar harus dikedepankan.

” Mari salurkan potensi Pemuda yang baik ini untuk kemajuan Desa Ibra agar lebih baik kedepannya,” Ajak Renwarin.