DPRD Maluku Agendakan Paripurna HUT Provinsi ke 78 di Masohi

Img 20230904 wa0039

Ambon, Tual News – DPRD Maluku akan melaksanakan rapat paripurna istimewa tepat di puncak perayaan HUT Provinsi ke 78 tahun,  di Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah, 19 Agustus 2023 mendatang.

” Dasar pertimbangan Malteng jadi lokasi paripurna HUT Provinsi karena sebagai kabupaten tertua di Maluku dan bentuk apresiasi kepada seluruh Kabupaten/Kota yang ada di negeri 1000 pulau, ” Ungkap Ketua DPRD Maluku Benhur G. Watubun.

Watubun mengaku, sebenarnya pemikiran untuk melaksanakan perayaan ataupun paripurna ini sudah berlangsung lama sejak beberapa waktu lalu.

“ Ini semua didukung rekan-rekan anggota DPRD, bahwa pemikiran ini yang berasal dari Pak Murad dan Pak Lucky sebelumnya. Jadi tahun ini, kita akan laksanakan paripurna HUT Provinsi Maluku ke 78 di Kota Masohi pertimbangannya adalah kita ingin melihat seluruh Kabupaten/ Kota  dalam satu kesatuan,” Terangnya kepada awak media di ruang kerjanya, Selasa (15/8/2023).

Benhur menegaskan bukan saja di Masohi akan digelar paripurna HUT Provinsi ke 78,   tetapi secara bergilir akan dilaksanakan di kabupaten / kota lain hingga daerah yang baru terbentuk di setiap tahun.

“Jadi maksud kita adalah ingin melihat Maluku ini secara utuh. Misalkan ke depan kita lakukan Paripurna peringatan ulang tahun Provinsi Maluku di Tiakur, itu adalah sebuah langkah maju supaya kita juga melihat perkembangan-perkembangan di wilayah itu seperti apa. Semua yang kita lakukan dalam rangka menyukseskan dan akan kita lakukan secara baik,” Tegasnya.

Benhur mengakui dengan cara seperti ini agar supaya dapat dilihat potret kemiskinan yang ada di Provinsi Maluku secara utuh.

“Dengan begitu, maka kita akan terdorong melalui sikap-sikap politik DPRD ke depan. Sehingga proses menetapkan wilayah-wilayah di Maluku terkait penetapan intervensi kebijakan itu harus kita lihat secara utuh,” akuinya.

Selain itu kata Watubun,  dengan digelarnya paripurna di kabupaten itu,  dengan sendirinya dapat diketahui kesiapan daerah atau yang  belum baik, seperti kantor yang belum representatif atau apa saja akan didorong DPRD Maluku.

“Karena itu, tahun ini DPRD membuat terobosan baru di potret 78 tahun umur provinsi Maluku yang hampir sama dengan umur republik ini kita ambil kebijakan ini. Jadi tidak ada yang salah juga buat kita. Ada juga yang menetapkan anggaran di mana saja juga itu sah kok. Kita melaksanakan paripurna HUT Provinsi Maluku di Kabupaten Maluku Tengah ini hal yang baik,” Ujarnya.

Benhur berharap, dengan dilaksanakannya paripurna HUT Provinsi ke 78 di Kota Masohi mendapat dukungan positif dari masyarakat Maluku.

“ Nanti kita koordinasikan dan ada tim advance ke sana. Saya juga sudah surati Gubernur Maluku untuk memberitahukan ini dan beberapa kali pihak kesekretariatan sudah melakukan komunikasi dengan Sekda Maluku untuk proses ini, ” Bebernya.

Bahlan kata dia, tim juga sudah ke Maluku Tengah dan hasilnya,  Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah menyambut baik dan sangat  menghargai.

“Saya juga berharap Gubernur Maluiu bisa hadir di Maluku Tengah untuk memberikan pidatonya untuk seluruh rakyat Maluku di sana,” pungkasnya.