27 Personel Brimob dan Polair Polda Maluku Lulus Seleksi SBP

Img 20230929 wa0049

Ambon, Tual News – Sebanyak 27 personel Brimob dan Polair Polda Maluku dinyatakan lulus seleksi Sekolah Bintara Polisi (SBP) tahun 2024.

Mereka akan mengikuti sekolah alih golongan dari pangkat Tamtama menuju Bintara Polri.

Puluhan personel tersebut dinyatakan lulus terpilih melalui sidang penetapan kelulusan tingkat Panda Polda Maluku.

Sidang dipimpin Wakapolda Maluku, Brigjen Pol Stephen M. Napiun, yang berlangsung di Rupatama Mapolda Maluku, Kota Ambon, Jumat (29/9/2023).

Sidang penetapan kelulusan seleksi SBP turut dihadiri para pejabat utama Polda Maluku, dan sebanyak 77 peserta seleksi. Terdiri dari Tamtama Brimob 68 orang dan Tamtama Polair 9 orang.

Wakapolda Maluku dalam sambutannya menyampaikan, seleksi SBP dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan kompetensi dan pembinaan karir anggota Polri.

“Pendidikan Sekolah Bintara Polisi dari Tamtama ke Bintara tahun 2024 dilakukan selama tiga bulan yang bertempat di Pusdik Brimob dan Pusdik Polair lemdiklat Polri,” kata Brigjen Napiun.

Kegiatan tersebut, kata Wakapolda,  dilakukan untuk memenuhi kebutuhan personal Polri yang ideal dan mewujudkan Postur Polri, sebagaimana diatur dalam PP nomor 14 tahun 2018 tentang struktur organisasi dan tata kerja pada tingkat kepolisian daerah.

” Guna memenuhi kebutuhan personal tersebut, maka Polda Maluku secara berkesinambungan dan terarah turut melaksanakan proses seleksi tersebut untuk dapat memenuhi kebutuhan organisasi secara ideal, ” Tegas Wakapolda Maluku.

Kata dia, proses seleksi dilakukan melalui lima aspek penilaian yaitu penilaian 13 kompetensi individu personil. Diantaranya tes kesehatan, tes kesehatan jasmani,  pisikolog I, tes pengetahuan umum kepolisian dan sebagainya.

“Proses seleksi awalnya diikuti oleh 121 orang peserta, hingga saat ini yang tersisa sebanyak 77 orang peserta,” jelasnya.

Wakapolda Maluku pada kesempatan itu menegaskan  beberapa hal kepada seluruh peserta dan panitia seleksi pendidikan SBP dari Tamtama ke Bintara tahun 2004.

“Untuk panitia dan pengawas,  saya ucapkan terima kasih atas pelaksanaan seleksi pendidikan sekolah bintara polisi dari Tamtama ke bintara tahun anggaran 2004, ” pesanya

Sedangkan untuk peserta, Wakapolda Maluku juga mengucapkan selamat kepada peserta yang dinyatakan lulus terpilih.

” Tingkatkan selalu keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa sebagai pedoman dalam kehidupan dan pelaksanaan tugas. Tingkatkan selalu kemampuan dan pengetahuan untuk mengembangkan diri atas  situasi dan kondisi saat ini serta  yang akan datang, ” Pintanya.

Wakapolda berharap,  tetap menjaga kondisi fisik dan kesehatan serta bangun terus kepercayaan pada diri masing-masing, terutama siapkan mental dalam mengikuti pendidikan.

” Tingkatkan disiplin, hindari berbagai pelanggaran sehingga dapat menjalani pendidikan dengan lancar, ” Ingatnya.

Untuk diketahui, hasil sidang kelulusan seleksi pendidikan SBP diantaranya;

1. Personel Sat Brimob Polda Maluku penerima penghargaan Mabes Polri sebanyak 3 orang.

2. Personel Sat Brimob Polda Maluku penerima penghargaan Operasi Kepolisian sebanyak 1 Orang.

3. Jumlah Peserta Seleksi 77 orang, yang lulus terpilih / Kuota Reguler sebanyak 27 Orang, dengan rincian Brimob sebanyak 24 Orang dan Polair sebanyak 3 Orang.