Sinergi Awasi Orang Asing di Tanimbar, Kanim Tual Rapat Timpora

Img 20230803 wa0002

Saumlaki, Tual News – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tual kembali menggelar rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang dilaksanakan di Meeting Room Beringin Dua Hotel, Saumlaki, Rabu ( 02/8/2023).

Rapat yang dipimpin langsung Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tual, Raden Imam Jati Prabowo selaku ketua, turut hadir sebagai narasumber, Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham Maluku, Mas Arie Yuliansa Dwi Putra.

Rapat Timpora di Kepulauan Tanimbar, ini diikuti anggota Timpora dari berbagai instansi vertikal dan daerah yang telah ditunjuk.

Dalam sambutannya Imam berharap rapat Timpora menjadi momentum untuk meningkatkan dan menjalin sinergitas instansi dalam pengawasan orang asing khususnya di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

” Sinergitas ini akan tercapai, jika masing-masing instansi aktif mengambil peran dalam kegiatan pengawasan orang asing, disesuaikan dengan tugas dan fungsi masing-masing, ” Jelasnya.

Rapat ini dilanjutkan dengan diskusi yang membahas tentang isu-isu keimigrasian yang sedang terjadi baik isu nasional maupun yang ada di sekitar wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Dalam diskusi rapat Timpora, juga membahas masalah yang masih menjadi pekerjaan rumah bagi anggota Timpora khususnya untuk orang asing yang berada di wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

” Timpora Kabupaten Kepulauan Tanimbar harus meningkatkan pengawasan terhadap orang asing, mengingat lokasi Kabupaten ini tergolong strategis dan dekat perbatasan negara, ” Pintah Arie.

Kata dia, diperlukan kerjasama yang baik antar anggota Timpora dalam menjalankan tugas di lapangan.

Rapat tim pora itu juga digunakan sebagai ajang pertukaran informasi antar anggota Timpora.

Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Aziz Rahajaan, berharap melalui rapat Timpora di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, dapat memperkuat sinergitas instansi dan anggota Timpora dalam menjaga keamanan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.