Wakapolda Maluku Buka Diktuba Polri Gelombang II 2023, Harap Siswa Tak Buat Pelanggaran

Img 20230725 wa0015

Ambon, Tual News – Wakil Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Brigjen Pol Stephen M. Napium membuka Pendidikan dan Pembentukan Bintara (Diktuba) Polri gelombang II tahun 2023.

Kegiatan yang dirangkai dengan upacara pembukaan tersebut dilaksanakan di lapangan Koptu P.H Sulu, Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Maluku, Kota Ambon, Selasa (25/7/2023).

Upacara tersebut dihadiri Irwasda Maluku Kombes Pol Marthin Luther Hutagaol, Wadan Rindam dan Komandan Secaba Rindam XVI/Pattimura, beserta para pejabat utama Polda Maluku.

Kalemdiklat Polri Komjen Pol Purwadi, dalam sambutan yang dibacakan Wakapolda Maluku, mengingatkan seluruh siswa Bintara maupun Tamtama Polri yang akan mengikuti proses pendidikan.

” Para siswa diingatkan untuk tetap sungguh-sungguh, tekun dan ulet dalam mengikuti pendidikan, ” Pintanya.

Wakapolda Maluku meminta para siswa agar selama mengikuti pendidikan, dapat menimbah ilmu pengetahuan dan ketrampilan untuk memperluas wawasan tentang Kepolisian.

” Kehidupan adalah pembelajaran yang panjang dan tidak akan pernah berakhir, olehnya itu terus belajar dan berlatih dalam memleroleh ilmu sebagai bekal sebelum dilantik menjadi anggota Polri,” Ujarnya.

Kata Wakapolda, Pendidikan pembentukan dilaksanakan untuk menyiapkan anggota Polri yang akan menjalankan tugas penting dan mulia, diantaranya pengamanan agenda besar nasional pemilihan umum yang akan diselenggarakan tahun 2024 nanti.

Diakui, transformasi negara-negara berkembang menjadi maju saat ini tidak dapat dipisahkan dari ketersediaan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

” Sejalan dengan hal itu kualitas SDM juga menjadi faktor kunci dalam pengelolaan organisasi Polri yang berkualitas dan unggul untuk mewujudkan keberhasilan pelaksanaan tugas polri di lapangan, ” Tegasnya.

Wakapolda Maluku berharap para siswa tetap menjaga fisik dan mental selama mengikuti pendidikan dan hindari semua bentuk pelanggaran sekecil apapun serta patuhi seluruh peraturan dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh lembaga pendidikan.

” Para siswa agar tetap semangat, tanamkan motivasi untuk maju. Jangan cengeng dan manja, jaga mental dan stamina kalian semua, kalau nanti ternyata dalam pendidikan ini ada yang melakukan hal-hal yang tidak dibenarkan atau pelanggaran, maka kami akan tidak segan-segan mengeluarkan yang bersangkutan,” Tegas Wakapolda.

Brigjen Napiun juga mengingatkan para orang tua agar selalu memberikan semangat kepada anaknya yang sedang mengikuti pendidikan.

“Kami ingin melatih dan membentuk mutiara terbaik dari tanah Maluku ini untuk mengabdi kepada bangsa dan negara serta institusi Polri yang kita cintai ini,” Ingatnya.

Untuk diketahui, sebanyak 230 orang calon siswa yang dilantik akan mengikuti Diktuba Polri gelombang kedua di SPN Polda Maluku.

Mereka akan menjalani pendidikan dan pembentukan Polri selama lima bulan.