Kemenkumham Kirim 92 Atlet di Pornas KORPRI, Sekjen Minta Jadi Petarung Bukan Pecundang

Img 20230713 wa0005

Jakarta, Tual News – Pekan Olahraga Nasional (Pornas) ke-XVI Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) tahun 2023 akan dihelat di Provinsi Jawa Tengah.

Dalam event ini, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) untuk pertama kalinya mengirimkan 92 atlet untuk berlaga pada setiap cabang olahraga dengan target meraih medali emas.

Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Komjen Pol. Andap Budhi Revianto mengatakan dari enam cabor yang diikuti, para kontingen atlet Kemenkumham diminta percaya diri (pede), harus yakin meraih medali emas.

Img 20230713 wa0004

“Ini merupakan keikutsertaan kita yang pertama kali (dalam Pornas KORPRI). Saya minta atlet yang mengikuti Pornas ini, harus menunjukkan kalau rekan-rekan sebagai petarung, bukan pecundang,” kata Andap saat melepas kontingen atlet Kemenkumham, Rabu (12/07/2023), seperti Rilis Pers yang diterima tualnews.com dari Kepala Biro Humas Hukum dan Kerjasama,
H. Situmorang.

Andap menitipkan lima pesan yang disampaikan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H. Laoly kepada para kontingen.

” Pertama, Menkumham ucapkan selamat kepada rekan-rekan yang terpilih sebagai atlet untuk mewakili Kemenkumham pada Pornas ke-XVI KORPRI, ” Ujarnya.

Kemudian yang kedua, kata Andap, para atlet yang berlaga harus jaga kesehatan dan stamina  baik, fokus konsentrasi, serta semangat ketika bertanding, ” Pesanya.

Ketiga, Andap berharap para atlet selalu menjunjung tinggi sportivitas dan jaga nama baik Kemenkumham.

” Keempat, harus jaga kesolidan diantara sesama atlet, pelatih, official, termasuk sesama anggota KORPRI lainnya dan  utamakan keselamatan, tunjukkan prestasi setinggi-tingginya dengan target emas di setiap cabor yang diikuti, ” Pintah Andap di Lounge Gedung Sekretariat Jenderal Kemenkumham, Jakarta.

Dikatakan, dari enam cabor yang diikuti, Kemenkumham mengirim 117 kontingen, didalamnya terdapat 92 atlet, selebihnya adalah pelatih dan official.

” Cabor bola voli 27 atlet, bulutangkis 16 atlet, tenis lapangan 15 atlet, futsal 14 atlet, basket 12 atlet, dan tenis meja 8 atlet, ” Ungkap Andap.

Dia menegaskan, ini adalah buah dari komitmen Kemenkumham untuk membesarkan olahraga.

” Pada 22 Juni 2022, Persatuan Olahraga Pengayoman (POP) dibentuk sebagai wadah mengompilasi (minat olahraga) teman-teman,” kata Andap.

Pornas ke-XVI KORPRI 2023 akan diselenggarakan tanggal 13 – 23 Juli 2023.

Pornas kali ini digadang-gadang sebagai Pornas terbesar sepanjang sejarah KORPRI.

Tahun ini, kegiatan olahraga dan ajang silaturahmi ASN dari berbagai provinsi dan kementerian/lembaga di seluruh Indonesia itu akan hadir dengan 54 nomor pertandingan dan memperebutkan 54 medali emas, 54 medali perak, dan 71 medali perunggu.

Event nasional dua tahunan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam menggerakkan roda perekonomian di Provinsi Jawa Tengah sebagai tuan rumah, khususnya di sektor UMKM.

Pada event ini, Kadiv Administrasi Kanwil Kemenkumham Maluku, Topan Sopuan juga terlibat dan dipercayakan menjadi Atlet pada cabang olahraga Bulu Tangkis bersama 15 pegawai lainnya yang berasal dari berbagai Satuan Kerja di Seluruh Indonesia.