Bangun Sinergitas Antar Instansi, Kanim Tual Rapat Timpora di Aru

Img 20230714 wa0016

Dobo, Tual News – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tual menggelar Rapat Koordinasi Tim pengawasan Orang Asing (TIMPORA) Kabupaten Kepulauan Aru yang dilaksanakan di Exclusive Meeting Room Gospel Cafe, Kota Dobo.

Rapat Timpora, dipimpin oleh Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tual, Ida Bagus Made Suandita, didampingi Kepala Subseksi Intelijen Keimigrasian, Edwin Yulius Sihainenia.

Rapat Timpora diikuti seluruh instansi-instansi yang tergabung dalam anggota Tim Pengawasan Orang Asing Kabupaten Kepulauan Aru.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tual yang diwakili Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, dalam amanatnya menegaskan Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) perlu dilakukan antar instansi terkait secara terintegrasi dan berkesinambungan.

” Timpora ini adalah wadah dan sarana komunikasi antar stakeholder dalam rangka pengawasan dan penegakan hukum terhadap orang asing yang berada di Kabupaten Kepulauan Aru, ” Tegasnya, seperti Rilis Pers, yang diterima tualnews.com dari Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Aziz Rahajaan, Jumat ( 14 /7/2023).

Made berharap pencegahan dini terhadap dampak negatif yang akan timbul, karena kehadiran orang asing.

” Timpora harus melakukan tindakan tegas terhadap orang asing yang melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku, ” Pintanya

Kata Made, kegiatan ini dilakukan untuk memastikan kalau orang asing yang masuk membawa dampak positif dalam mendorong investasi yang bermanfaat bagi pembangunan nasional maupun daerah.

Dalam kegiatan itu, dilanjutkan dengan diskusi yang membahas tentang isu-isu keimigrasian yang sedang terjadi, baik isu nasional maupun yang ada disekitar Wilayah Kabupaten Kepulauan Aru, termasuk masalah yang masih menjadi pekerjaan rumah bagi anggota Timpora.

Rapat Timpora ini juga digunakan sebagai ajang pertukaran informasi antar anggota.

” Kami berharap melalui rapat Timpora, sinergitas dan kolaborasi antar instansi semakin meningkat sehingga fungsi pengawasan terhadap Orang Asing berjalan dengan baik, ” Harap Made.