Ada Apa Lanal Tual Diserang Masyarakat ?

Img 20230711 wa0020

Tual News – Masyarakat di Kota Tual, Provinsi Maluku secara arogan menyerang Markas Komando Lanal Tual.

Aksi unjuk rasa warga langsung dihalangi oleh Pasukan Huru Hara Lanal Tual.

Dalam aksi penyerangan itu, jatuh sejumlah korban, satu orang dari Lanal Tual dan dua orang masa aksi pendemo.

Namun dalam aksi penyerangan ke Lanal Tual, setelah dilakukan negosiasi dengan pihak pendemo, akhirnya masa membubarkan diri dan kembali dalam suasana aman dan damai, karena tuntutannya dipenuhi sesuai proses hukum yang berlaku oleh Komandan Lanal Tual Letkol Laut (P) Guntur Alamsyah CRMP.

Tapi jangan kaget, karena aksi demo dan penyerangan warga di Lanal Tual  adalah simulasi kegiatan penilaian Lanal Teladan  2023, yang diselenggarakan Disopslatal Mabes TNI Angkatan Laut.

Danlanal Tual, Letkol Laut (P)Guntur Alamsyah, CRMP dalam sambutannya pada pembukaan dan penerimaan tim penilai Lanal Teladan mengaku, ini merupakan suatu kebanggan dan kehormatan bagi Lanal Tual ketika diberikan kepercayaan oleh Pemimpin TNI Angkatan Laut untuk masuk nominasi Lanal Teladan tahun 2023.

” Hal ini harus kami pertanggung jawabkan di hadapan tim penilai selama berada di Kota Tual, ” Ungkap Danlanal Tual dalam Rilis Pera yang diterima tualnews.com, Senin (10/07/2023).

Kadisopslatal, Laksamana Pertama Sigit Santoso, dalam sambutannya yang dibacakan Wakatim Penilai Lanudal dan Lanal Teladan TA 2023, Kolonel Marinir Kolonel Mar Idha Mochamad Basri., SE. MM. bersama tim penilai lainnya yakni Letkol Laut (P) Dodik Lumanto. S. Sos M. Tr. Hanla M.M. Letkol Laut (P) Agus Tri Ariyanto, . ST. M. Tr Opsla, Letkol Mar Ahmad Supriyadi, M. Tr Oplsa, dan Letkol Laut (P) Rahman Sam M. Tr, menegaskan kegiatan penilaian yang telah dilaksanakan bersama, menunjukkan kemampuan, baik kualitas perorangan maupun satuan sebagai prajurit yang unggul dan profesional,  guna tercapainya kesiapsiagaan operasional pangkalan.

” Hal ini dalam rangka mendukung tugas pokok TNI Angkatan Laut, ” Tegasnya.