10 Mahasiswa Universitas Banda Naira KKN di Kota Langgur

Img 20230711 wa0007

Langgur, Tual News – 10 Mahasiswa/i dari Universitas Banda Naira kabupaten Maluku Tengah Provinsi Maluku saat ini melaksanakan Kuliah Kerja Nyata ( KKN) di Ohoi Langgur Kecamatan Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara.

Dosen Pendamping mahasiswa/i KKN Universitas Banda Naira, Karto Wongsopatty kepada tualnews.com, di Balai Ohoi Langgur, senin (10/7/2023) mengaku tim mahasiswa/i dari Universitas Banda Naira berjumlah 12 orang.

” Mereka terdiri dari 10 mahasiswa/i dan 2 orang dosen, ” Ungkapnya.

Img 20230711 wa0008

Dikatakan, Tim KKN Universitas Banda Naira tiba di Ohoi Langgur minggu malam (9/7/2023) dengan kapal Pelni, KM Ngapulu.

” Pelaksanaan KKN selama empat bulan di ohoi Langgur, ” Jelas Karto.

Dia mengakui, pasca Tim KKN Universitas Banda Neira, tiba dengan kapal laut, dijempu Kepala Ohoi Langgur, HJS Dumatubun.

” Kami diantar dan tinggal di rumah warga, untuk kegiatan KKN selama kurang lebih 4 bulan, ” jelasnya

Menurut Dosen Karto Wongsopatty, para mahasiswa/i juga melaksanakan tugas dari Kementrian Pendidikan dan kebudayaan, untuk
program Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM)

Kata dia, mereka terdiri dari dua fakultas dan lima prodi yakni satu fakultas keguruan dan ilmu pendidikan ( FKIP), dengam prodi, Pendidikan matematika, bahasa Indonesia,dan pendidikan sejarah.

” Sedangkan dua fakultas perikanan, terdiri dari prodi Manajamen sunverdaya perairan ( MSP) dan Budidaya Perairan ( BDP), ” Terangnya.

Menurut Karto, para mahasiswa/i ini, datang melaksanakan KKN dan tinggal dirumah penduduk, untuk menyukseskan program merdeka belajar kampus merdeka ( MBKM), danprogram sekolah lapangan kerja budaya guna mengangkat ketahanan pangan,serta belajar tentang tradisi adat dan budaya masyarakat Kei.

” Saya ucapkan terima kasih banyak kepada pemerintah daerah dan masyarakat Ohoi Langgur yang telah menerima dan memberikan tempat tinggal kepada kami untuk tinggal selama empat bulan di Langgur, ” Pungkasnya.

Karto mengatakan, para mahasiwa akan belajar tradisi dan budaya masyarakat kei, untuk saling menukar tradisi dan budaya kei dan Banda Naira.

Berikut nama 10 Mahasiswa/i asal Universitas Banda Naira, yang melaksanakan KKN di Kota Langgur.

1). Ilham Firmasnyah Chaniago ( Manajemen sumberdaya Perairan).

2) Fauziah Idris (Manajemen sumberdaya Perairan).
,
3) Diva Purwanti Sari (Manajemen sumberdaya Perairan).

4) Asriyanti Hasan ( Budidaya perairan).

5) Riki Rumbaru (Budidaya perairan).

6) Hemi Yahelussa ( pendidikan Bahasa Indonesia).

7) Bima Hanapi ( Pendidikan sejarah).

8) Tata Miranti Rustam ( Pendidikan sejarah)

9)Zikri Alkatiri ( pendidikan matematika)

10) Rani Minggu ( pendidikan matematika)

Sedangkan dua dosen yang mendampingi para mahasiswa yakni dosen pendamping lapangan Universitas Banda Naira, Karto Wongsopatty dan Ketua Unit Pengelola program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) Universitas Banda Naira ( UBN).