Program TNI TMMD ke 116 Kodim 1503 Tual Bangkitkan Budaya Maren

Img 20230518 wa00071

Malra, Tual News – Program TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD ) ke- 116 , Kodim 1503 / Tual di Ohoi Ngurdu, Kecamatan Kei Besar, Kabupaten Maluku Tenggara sebagai bukti TNI bangkit bersama masyarakat melalui gotong royong atau dalam bahasa Kei dikenal dengan sebutan budaya Maren ( Kerja Bersama ).

Demikian penjelasan Dandim 1503 / Tual, Letkol Inf Kadek Muliarsa, kepada media ini, Kamis ( 18/5/2023).

” Budaya gotong royong ( MAREN ) yang dipelopori para leluhur Kei tempo dolo, saat ini seakan hilang ditelan jaman, olehnya itu lewat program TNI TMMD ke 116, harus dibangkitkan kembali, ” Ungkapnya.

Kata Muliarsa, budaya gotong royong atau Maren, merupakan sebuah contoh budaya yang positif untuk generasi milenial saat ini.

“ Bersama Rakyat, TNI Kuat, dan bersama TNI, Rakyat Sejahtera, ” Tegas Dandim 1503 / Tual.

Dia mengakui, program fisik dan non fisik TNI TMMD ke 116 di Ohoi Ngurdu, menjadi bukti kerja sama yang sinergis antara TNI – Polri, didukung keterlibatan dan partisipasi masyarakat Ohoi Ngurdu.

” ini sebagai bukti program TMMD adalah wujud kemanunggalan TNI bersama rakyat masih tetap terjaga dengan baik di bumi Larvul Ngabal, ” Terang Dandim 1503 / Tual.

Kata Muliarsa, karakter disiplin dan tak kenal libur para personil TNI bersama rakyat membangun desa, menjadi hal menarik yang patut di contohi dalam proses percepatan dan pemerataan pembangunan desa.

Sementara dari sisi kegiatan itu, kata Dandim, TMMD tidak hanya menyasar kegiatan fisik, tapi juga membawah pesan kamtibmas bagi masyarakat di Kei Besar.