Walikota Tual: PLTD Tayando Bersinar, Wujud Bangun Kepulauan

Img 20230415 wa0013

Tual News – Pengresmian dan pengoperasian PLTD Tayando Langgiar, Kecamatan Tanyando Tam Kota Tua, Provinsi Maluku.Sabtu, ( 15/4/2023 ) sebagai wujud membangun daerah Kepulauan.

Hal ini dikatakan Walikota Tual saat menghadiri dan menyaksikan pengresmian PLTD Tayando Langgiar, sekaligus Penyalaan Listrik Desa (LISSA) di Desa Tayando Langgiar, Yamru dan Ohoitel Kecamatan PP Tayando Tam oleh PT. PLN (Persero) UP3 Tual ULP Kota Tual.

Img 20230415 wa0015

Kata Rahayaan, Pemkot Tual, berkomitmen, mendorong PLN untuk membangun jaringan kelistrikan di wilayah kepulauan, hal ini dilakukan, dalam rangka akselerasi pembangunan kelistrikan.

” Kami akan terus berupaya membangun dan mengembangkan jaringan listrik di seluruh pelosok wilayah Kota tual setempat, ” Tandas Walikota Tual.

Walikota Tual, mengaku PLTD di Pulau Tayando Langgiar yang mulai beroperasi adalah wujud keseriusan pemerintah daerah melayani kebutuhan masyarakat, agar mendapatkan penerangan listrik.

Img 20230415 wa0014

“ Untuk memenuhi kebutuhan kelistrikan di Pulau Tayando, kami alokasikan anggaran secara rutin dari tahun ke tahun, bahkan anggaran untuk program kelistrikan ini merupakan yang terbesar dibanding wilayah kepulauan lainnya di Kota tual ” Jelas Walikota di sela-sela
Peresmian Pengoperasian PLTD Tanyando Langgiar Kecamatan Tayando-Tam, bertempat di rumah mesin PLTD Tayando Langgiar.

Dikatakan, meskipun membangun jaringan listrik di wilayah kepulauan bukan perkara mudah, sebab banyak kendala yang sulit ditempuh seperti, infrastruktur minim dan lokasi serta geografis yang sulit dijangkau, namun pihaknya berkomitmen untuk mengembangkan kelistrikan di kepulauan.

“ Listrik mempunyai peranan penting dalam mendukung kemajuan di bidang ekonomi, sosial dan budaya,” Ujar Rahayaan.

Walikota Tual atas nama masyarakat dan Pemkot Tual mengucapkan terima kasih dan apresiasi serta penghargaan yang tinggi kepada PT. PLN (Persero), mengingat PT. PLN bersedia bekerja sama dengan Pemerintah Kota Tual untuk membangun program kelistrikan di Pulau Tayando Langgiar.

“ Yang jelas, pengoperasian PLTD Tayando di Kecamatan Tayando -Tam dapat dilaksanakan pada hari ini, tidak lepas dari kehadiran PLN sebagai satu-satunya pemasok tenaga listrik yang mampu menyediakan kebutuhan listrik secara berkelanjutan,” Terangnya.

Kepala UP3 Kota Tual mengatakan ini adalah langkah konkrit, sebab dilakukan percepatan eksekusi antara PLN dan Pemkot Tual dalam mengoperasikan mesin pembangkit listrik yang ada di Tayando Langgiar.

Dia mengaku, tanggal 15 April 2023, pukul 13.42 WIT telah dilakukan start mesin perdana sebagai langkah uji coba performance mesin pembangkit listrik di Tayando.

“Hasil dari uji coba pengoperasian ini adalah syarat untuk bisa menjadikan PLTD Tayando Langgiar beroperasi maksimal guna mendukung kegiatan masyarakat,” Ungkapnya