Letkol Pas M. Junaidi  Jabat Komandan Lanud D Dumatubun

Img 20230413 wa0009

Tual News.com- Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) III Marsda TNI Donald Kasenda, S.T., S.I.P., M.M., memimpin Serah Terima Jabatan (Sertijab) dua komandan lanud Jajaran Koopsud III di Makoopsud III, Biak Numfor, Kamis (13/04/2023).

Komandan lanud yang diserah terimakan yakni Komandan Lanud Dominicus Dumatubun (DMN) dari Letkol Pnb Ruli Surya PS kepada Letkol Pas Muhammad Junaidi, S.H., dan Komandan Lanud Ignatius Dewanto (DWT) dari Letkol Pas Yohanes M. Paulus, S.Pd., M.A.P., kepada Letkol Pom Fernando Effendi.

Img 20230413 wa0007

Dalam sambutannya, Pangkoopsud III menegaskan pergantian pejabat merupakan realisasi dari kebijakan pimpinan TNI AU dalam rangka regenerasi dan tuntutan kebutuhan organisasi yang telah direncanakan secara berkelanjutan.

Dikatakan, keberadaan kedua Lanud memiliki peran yang cukup strategis, Lanud DMN berdekatan dengan ALKI III yang merupakan alur bebas yang harus diamankan, sementara Lanud DWT memiliki tugas penting dalam mewujudkan satuan TNI terintegrasi di pulau terluar Indonesia.

“Dengan posisi strategis ini, maka setiap pejabat kedua Lanud, dituntut untuk memiliki kepekaan dan komitmen yang tinggi pada setiap pelaksanaan tugas, dan harus kondisi siap operasi guna menghadapi setiap kemungkinan kontijensi yang diperkirakan terjadi”, Tegas Pangkoopsud III

Pangkoopsud III berharap, kedua pejabat yang baru dapat memelihara kinerja yang selama ini telah terbina dengan baik.

“Cermati penekanan pimpinan, wujudkan kehormatan satuan yang profesional menuju TNI Angkatan Udara yang disegani di kawasan”, Tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, juga berlangsung serah terima Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 5/ D.III Lanud Dominicus Dumatubun dari Ny. Renny Ruli Surya kepada Ny. Nidia Junaidi.

Adapun rangkaian upacara sertijab ini meliputi pengambilan sumpah jabatan, penanggalan dan penyematan tanda pangkat serta tanda jabatan, kemudian dilanjutkan penyerahan tongkat komando dan penyarahan bendera pataka serta penandatanganan naskah berita acara sertijab.

Turut hadir Dankosek III Marsma TNI Wastum, S.E., M.M.P., Danlanud Manuhua Marsma TNI Ronald L. Siregar, S.T., M.M., M.Tr (Han), para pejabat Koopsud III, Ketua PIA AG D.III Koopsud III beserta pengurus dan jajaran, Danskadud 27, serta Yonko 468 Kopasgat.