Kanim Tual Periksa Ratusan Penumpang Kapal Pesiar Australia di TPI Saumlaki

Img 20230413 wa0015

Saumlaki, Tual News – Kanim Tual melaksanakan pemeriksaan terhadap ratusan penumpang kapal pesiar Australia,  MV. Coral Adventurer yang akan keluar dari wilayah Indonesia pada hari ini, Kamis (13/04/2023) menuju Darwin, Australia.

Berdasarkan Rilis Pers yang diterima tualnews.com, dari Humas Kantor Imigrasi Kelas II Tual, melalui Kepala Seksi Teknologi dan Informasi Keimigrasian, Aziz Rahayaan, menyebutkan, sebanyak 153 orang diperiksa dalam kegiatan kali ini, dengan rincian 113 penumpang,  terdiri dari 112 WNA dan 1 WNI serta 40 Kru Kapal WNA.

Img 20230413 wa0014

” Kapal berbendera Australia ini sebelumnya masuk Saumlaki, melalui TPI Biak dan melintasi beberapa wilayah termasuk TPI Ambon dan juga beberapa destinasi wisata lainnya, ” Jelasnya.

Kata Rahayaan, pemeriksaan ini dilaksanakan dua orang petugas pemeriksa yang bertugas di Pos TPI Saumlaki.

Kata dia, dari hasil pemeriksaan, tidak ditemukan adanya pelanggaran keimigrasian seperti overstay (melebihi masa izin tinggal) dan lain-lain pada 153 orang penumpang dan kru kapal.

” Kota Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar menjadi salah satu dari tiga Tempat Pemeriksaan Imigrasi di provinsi Maluku yang ditunjuk berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor M.HH-02.GR.02.02 Tahun 2020, ” Terang Rahayaan.

Penunjukan ini, kata Aziz Rahayaan,  memberikan dampak positif yang besar bagi sektor pariwisata daerah, terlebih lokasi Saumlaki yang tergolong dekat dan berhadapan dengan Darwin, Australia.

” Saumlaki, menjadi pilihan utama bagi kapal-kapal internasional untuk melintas masuk dan keluar wilayah Indonesia, ” Ujarnya.